LAPORAN
KEGIATAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN
KEJURUAN
SEKRETARIS MAN 1 PRAYA
TAHUN
2010
DI
SEKRETARIAT
DAERAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH
DISUSUN
OLEH
SELAMAT
ANWAR SADAT
KEMENTERIAN AGAMA RI
Jln.
Pejanggik No. 05 Tampar - Ampar Praya Lombok
Tengah
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang telah
memberikan saya nikmat berupa nikmat kesehatan sehingga saya bisa menyelesaikan
Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengah
Bagian Administrasi pembangunan Setda Kab. Lombok Tengah dengan baik pada
tanggal 17 juli 2010 dan juga saya juga bisa menyelesaikan laporan kegiatan ini
tepat pada waktunya.
Tujuan diadakannya PKL tiada lain agar siswa siswi yang
mengikuti workshop bisa memperoleh pengalaman kerja sehingga materi yang di terima selama mengikuti workshop tidak
sebatas materi saja tapi kita bisa mempraktekkan secara langsung di lapangan
apalagi tempat melaksanakan praktek bukan di kantor swasta tapi langsung di
kantor pemerintah supaya kita bisa mengetahui suasana kerja yang ada di
pemerintah.
Dan terima kasih pula kepada Bapak bupati Lombok Tengah
yang mau menerima kami untuk belajar dan mencari pengalaman kerja di kantornya.
Saya juga berterima kasih kepada karyawan yang ada di Kantor Bupati Lombok
Tengah yang mau menerima saya untuk melaksanakan PKL dan bersedia membagi
pengetahuannya apabila kami menemui suatu kesulitan selama melaksanakan PKL.
Tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih banyak
kepada Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Bapak Drs.MASNUN, M.Si karena mau menerima kami untuk
bekerja di bagiannya.dan atas keramah tamahan karyawan yang ada di bagian
Administrasi Pembangunan tempat saya ditempatkan oleh bagian organisasi.
Semoga laporan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi pembaca
terutama adik adik yang mengikuti wokshop yang nantinya juga akan melaksanakan PKL seperti kami ini. Kepada
adik adik yang mengikuti wokshop untuk menyiapkan diri karena selama PKL di
Kantor Bupati nanti tidak perlu harus pintar, tidak perlu harus pintar disini
maksudnya adalah nanti dikira karena bodoh pada pelajaran di sekolah tidak jadi
ikut PKL itu yang salah kita coba dulu jangan dikira bodoh di sekolah belum
tentu bodoh dalam bekerja, inilah sebabnya disini yang diperlukan adalah keberanian
dalam kerja kemudian disiplin kerja dan mental kerja karena disana tidak ada
istilah malu kalau malu kita tidak akan bisa maju dan berkembang.
.
Semoga dengan membaca laporan kegiatan ini rekan-rekan
pembaca terutama yang mengikuti wokshop sekretaris tidak takut lagi untuk
melaksanakan PKL pada tahun yang akan datang. Kami sadar laporan kegiatan ini
jauh dari sempurna, baik dari cara menyampaikan maupun cara kami menggunakan
kalimat dalam membagi pengalaman.Untuk itu, kritik dan saran yang membangun
senantiasa penulis harapkan dari rekan-rekan pembaca terutama yang mengikuti workshop
sekretaris. Semoga laporan kegiatan ini bisa bermanfaat baik untuk diri saya
pribadi maupun para pembaca. Amien………….
Praya, 17 Juli
2010
Penulis
SELAMAT ANWAR SADAT
BAB
I
PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG
Berangkat dari
adanya Kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Tengah melalui Program Workshop
MAN 1 Praya berupa PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang selama ini di laksanakan
oleh masing-masing siswa dalam menjalani tugas akhir dari program tersebut,
penulis yang melaksanakan program tersebut di Sekretariat Daerah Kabupaten
Lombok Tengah pada Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kab. Lombok Tengah
dalam hal ini penulis mengetengahkan suatu laporan yang berlandaskan pada
pengalaman, pengamatan penulis selama melaksanakan PKL (Praktek Kerja
Lapangan), dari hasil tersebut penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa pokok
permasalahan yang di hadapi pada Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kab. Lombok Tengah selama ini adalah
sering terjadi terlambatnya penyampaian laporan baik laporan bulanan fisik dan
keuangan, laporan triwulan maupun tahunan dari masing-masing Unit Satuan Kerja
Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait sehingga mengakibatkan proses pelaporan
hasil analisis dan evaluasi sering terjadi keterlambatan kepada Bupati, Bapeda,
Inspektorat kabupaten maupun Inspektorat provinsi.
Pelaporan merupakan suatu bagian penting dalam proses
penilaian dan pengevaluasian Kegiatan Pembangunan yang sedang berjalan untuk
dapat mengetahui perkembangan atau kemajuan Fisik maupun Keuangan yang telah
dicapai pada Bagian Administrasi Pembangunan yang salah satu tugas pokok dan
fungsinya adalah melaksanakan pengendalian Analisa dan Evaluasi proyek
pembangunan daerah melalui suatu program yakni menghimpun semua laporan tentang
kemajuan Fisik dan Keuangan dari seluruh kegiatan pembangunan yang dilaksanakan
oleh Dinas/Instansi terkait yang ada di Kab. Lombok
Tengah.
Perencanaan program pembangunan tidak akan berjalan
dengan lancar dan optimal kalau tidak ada kerja sama atau koordinasi yang baik
dengan Dinas/Instansi terkait dalam hal penyampaian laporan kegiatan yang
diharapkan selalu tepat waktu sesuai dengan batas akhir yang telah ditentukan
yakni tanggal 10 setiap bulannya untuk laporan bulanan maupun triwulan serta
penyampaian laporan tersebut harus sesuai dengan juklak/juknis yang didukung
oleh adanya suatu kebenaran (Akurasi) dari data-data yang ada sehingga dapat
dipertanggung jawabkan keberadaannya.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu cara
yang digunakan untuk menguji kemampuan siswa yang mengikuti workshop dalam mempraktekkan
materi yang pernah diajarkan, dari PKL ini guru pembimbing dapat mengetahui
sejauh mana pemahaman muridnya dalam memahami materi yang telah diberikan dan
tahu kelemahan kelemahan yang di miliki oleh setiap muridnya karena pada
kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang memberikan nilai adalah karyawan
asli yang telah bekerja dan juga telah berpengalaman dalam bekerja jadi nilai
yang di berikan akan sesuai dengan kemampuan siswa yang dilihatnya tanpa
membuat-buat/mengada ada.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini juga dapat memberikan
pengalaman yang
berharga bagi yang mengikuti karena tempat kita PKL bukan pada
kantor swasta tapi kantor pemerintah, itulah sebabnya yang mengikuti PKL ini akan
menjadi siswa yang siap kerja apabila tidak dapat melanjutan sekolahnya ke
jenjang yang lebih tinggi karena setelah selesai melaksanakan kegiatan PKL ini
akan diberikan sertifikat yang bisa di jadikan bukti bahwa kita mempunyai
keahlian yang pernah langsung bekerja tidak hanya mengetahui materinya saja
tapi kita pernah mempraktekkannya dan sertifikat workshop sekretaris ini juga
bisa dijadikan alat untuk melamar pekerjaan yang fungsinya untuk memberikan
bukti kepada perusahaan tempat kita akan melamar pekerjaan bahwa kita mempunyai
keterampialan/keahlian.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini juga dapat dijadikan
sebagai acuan untuk bisa berinteraksi dengan dunia usaha karena kita pernah
merasakan bagaimana cara
mengelola usaha dan tahu cara-cara orang dalam bekerja pada
Dinas/Instansi pemerintah, karena dalam melaksanakan PKL kita mengerjakan semua
pekerjaan yang ada dikantor seperti karyawan/karyawati yang sebenarnya dan juga
yang di butuhkan dalam dunia usaha adalah pengalaman kerja kalau tidak ada
pengalaman kerja mana bisa membuat suatu usaha.
Semoga dengan laporan kegiatan ini dapat memberikan motivasi
kepada adik-adik yang mengikuti workshop terutama kejuruan sekretaris untuk
tidak takut dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada tahun yang
akan datang. Yang di butuhkan dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
adalah kemauan, kalau tidak bisa tapi kita memiliki kemauan yang tinggi maka
insya Allah kita tidak akan kesulitan .
BAB II
MAKSUD DAN TUJUAN
- MAKSUD PKL (Praktek Kerja Lapangan)
1.
Kegiatan
PKL (Praktek Kerja Lapangan) ini adalah suatu kegiatan untuk mengenalkan kepada
para siswa yang mengikuti kegiatan workshop supaya materi yang diajarkan selama
mengikuti workshop tidak hanya sekedar materi yang kita dengar dari pembimbing
tapi kita dapat mempraktekkan secara langsung dalam dunia kerja yang nyata.
2.
Kegitan
PKL (Praktek Kerja Lapangan) ini juga dapat dijadikan sebagai acuan bahwa dalam
dunia kerja tidak boleh yang namanya kesalahan karena kesalahan merupakan salah
satu tanda bahwa kita tidak mampu melaksanakan suatu pekerjaan, kita boleh
salah tapi hanya 1% dan tidak boleh lebih.
3.
Kegiatan
PKL (Praktek Kerja Lapangan) ini juga dapat dijadikan pelajaran oleh pembimbing
karena mungkin materi yang diajarka selama mengikuti workshop tidak sesuai
dengan apa yang kita dapat di lapangan kemudian materi yang diajarkan akan
disesuaikan dengan apa yang di dapat selama mengikuti kegiatan PKL (Praktek
Kerja Lapangan).
- TUJUAN PKL (Praktek Kerja Lapangan)
1.
Membekali siswa
dengan pengalaman kerja yang sesungguhnya pada dunia kerja yang nyata sebagai
bekal/persiapan bagi siswa PKL (Praktek Kerja Lapangan) guna memperkenalkan
diri sebelum terjun ke dunia kerja yang nyata dan lingkungan masyarakat
2.
Penerapan
ilmu pengetahuan yang telah didapatkan di Workshop dan sekaligus dapat memberikan
perbandingan antara praktek di lapangan dan teori yang di dapat di Workshop
serta kebenara teori yang telah dipelajari.
3.
Untuk
mengadakan suatu penelitian terhadap suatu permasalahan yang dihadapi atau yang
berkembang pada suatu instansi atau kantor dimana siswa melakukan kegiatan PKL
(Praktek Kerja Lapangan).
4.
Membentuk
Sumber Daya Manusia yang berdaya guna dan berkompetisi dalam bidangnya serta
siap pakai.
5.
Mengetahui
suasana kerja pada kantor tempat melaksanakan kegiatan PKL (Praktek Kerja
Lapangan) dan dapat belajar pada karyawan yang telah berpengalaman dalam
bekerja untuk membagi kepada kita pengalaman kerjanya.
BAB III
GAMBARAN UMUM ORGANISASI
1.
LETAK/LOKASI
Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengah terletak pada
posisi sangat strategis yakni berada pada pusat dan jantung kota Praya sehingga pelayanan terhadap
masyarakat dapat terlaksana dengan baik serta sangat mudah dijangkau oleh
masyarakat.
Sekretariat Daerah terletak di jalan Gajah Mada No.109 Praya Kabupaten Lombok Tengah, dan Bagian
Administrasi Pembangunan tempat saya melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan)
berada disebelah timur Bagian Kesejahteraan Sosial, sebelah Selatan Bagian
Keuangan dan sebelah Utara Bagian Organisasi dan Tata Laksana. Sedangkan Bagian
Administrasi pembangunan berada dibawah pimpinan Asisten Administrasi
Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten
Lombok Tengah.
2.
VISI DAN MISI BAGIAN ADMINISTRASI PEMBANGUNAN
2.1.
VISI
Visi Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah
Kabupaten Lombok Tengah adalah Mewujudkan Bagian Administrasi Pembangunan
sebagai andalan Kabupaten Lombok Tengah dalam meningkatkan kinerja manajemen
pembangunan daerah melalui pengembangan sistem Administrasi Pembangunan yang
berprinsip Good Government.
2.2.
MISI
Adapun misi Bagian Asministrasi
Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Lombok Tengan adalah :
a)
Melaksanakan
Koordinasi dalam rangka penyusunan program pembangunan.
b)
Melaksanakan
pembinaan Administrasi Pembangunan daerah
c)
Melaksanakan
kegiatan pengendalian pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan daerah baik
yang dibiayai oleh APBN, BLN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten maupun sumber
lainnya.
d)
Menghimpun
dan mengolah data program pembangunan sebagai bahan pengendalian serta
melaksanakan pemantauan bersama tim yang dibentuk.
e)
Menyampaikan
bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pengendalian dan melaksanakan
evaluasi dari laporan kegiatan proyek.
3. TUPOKSI BAGIAN
ADMINISTRASI PEMBANGUNAN
3.1.
Bagian
Administrasi Pembangunan dipimpin oleh seorang Kepala Bagian dan bertanggung
jawab langsung kepada Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan yang
mempunyai tugas pokok memimpin, mengkoordinasikan, mengawasi dan mengendalikan
kegiatan Sub Bagian di bawahnya dalam rangka pembinaan penyelenggaraan
pembangunan daerah dibidang perencanaan, pengendalian dan pelaporan pelaksanaan
pembangunan daerah.
3.2.
Untuk
melaksanakaan tugas Kepala Bagian Administrasi Pembangunan mempunyai fungsi :
a)
Perumusan
rencana/program kerja dan penetapan kinerja Bagian Administrasi dan
Pengendalian Pembangunan.
b)
Pengkoordinasian
penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran (RKA/DPA) sub
bagian di bawahnya.
c)
Perumusan
bahan pembinaan dan bimbingan penyelenggaraan pembangunan daerah di bidang
perencanaan, administrasi pembangunan, serta monitoring evaluasi dan pelaporan.
d)
Pengkoordinasian
dan sinkronisasi pelaksanaan tugas di bidang perencanaan, administrasi
pembangunan, serta monitoring evaluasi dan pelaporan dengan perangkat daerah
dan instansi terkait.
e)
Pelaksanaan
pedoman dan kebijakan teknis di bidang perencanaan, administrasi pembangunan,
serta monitoring evaluasi dan pelaporan sesuai peraturan perundang-undangan
yang berlaku.
f)
Pelaksanaan
sosialisasi dan bimbingan teknis di bidang perencanaan, administrasi
pembangunan, serta monitoring evaluasi dan pelaporan dalam rangka peningkatan
pengetahuan dan keterampilan aparatur di bidang penyusunan program,
administrasi pembangunan, serta monitoring evaluasi dan pelaporan.
g)
Penyusunan
dan pelaksanaan kebijakan daerah dibidang perencanaan, administrasi pembangunan,
serta monitoring evaluasi dan pelaporan sesuai peraturan perundang-undangan
yang berlaku.
h)
Penyiapan
bahan koordinasi, konsultasi dan sinkronisasi penyelenggaraan pembangunan
daerah di bidang perencanaan, administrasi pembangunan, serta monitoring
evaluasi dan pelaporan dengan pemerintah daerah kabupaten, pemerintah daerah
provinsi dan/atau instansi terkait sesuai ketentuan yang berlaku.
i)
Pelaksanaan
monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Bagian.
j)
Pelaksanaan
tugas-tugas lain yang di limpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Adapun Bagian Administrasi Pembangunan terdiri dari 3
(tiga) Sub Bagian antara lain :
1.
Sub.
Bagian Perencanaan
Sub Bagian
Perencanaan di pimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok memimpin, mengatur,
mengawasi, serta mengloordinasikan
kegiatan dalam rangka pembinaan pelaksanaan perencanaan
pembangunan daerah.
Untuk
melaksanakn tugas pokok sebagaimana di maksud diatas, Kepala Sub Bagian
perencanaan mempunyai fungsi :
a)
Penyusunan
program kerja dan Rencana Kerja Anggaran (RKA) Sub Bagian.
b) Penyiapan
pedoman dan petunjuk teknis di bidang pelaksanaan perencanaan pembangunan
daerah.
c)
Penyiapan
bahan pembinaan teknis di bidang pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah
sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
d)
Penyiapan
bahan penyusunan kebijakan daerah di bidang pelaksanaan perencanaan pembangunan
daerah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
e)
Penyiapan
bahan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas di bidang
pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah dengn seluruh perangkat daerah dan
instansi terkait.
f)
Pelaksanaan pembinaan teknis di bidang
pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah kepada seluruh perangkat daerah
sesuai ketentuan yang berlaku.
g)
Pengkajian
permasalahan di bidang pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah dan
penyampaian saran-saran pemecahannya.
h)
Pelaksanaan
monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas Sub Bagian.
i) Pelaksanaan tugas-tugas lain yang
dilimpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
2.
Sub.
Bagian Pengendalian
Sub
Bagian pengendalian di pimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai
tugas pokok memimpin, mengatur, mengawasi serta mengkoordinasikan kegiatan
dalam rangka pelaksanaan kegiatan pengendalian pelaksanaan program dan
pembangunan daerah baik yang dibiayai dari dana BLN, APBN, APBD Kabupaten, APBD
Provinsi dan sumber-sumber dana lainnya, menghimpun dan mengolah data program
pembangunan sebagai bahan pengendalian.
Untuk
melaksanakn tugas pokok sebagaimana di maksud diatas, Kepala Sub Bagian
pengendalian mempunyai fungsi :
a)
Penyusunan
program kerja dan Rencana Kerja anggaran (RKA) Sub Bagian.
b)
Penyiapan
pedoman dan petunjuk teknis di bidang pelaksanaan pengendalian pembangunan
daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
c)
Penyiapan
bahan pembinaan teknis di bidang pelaksanaan pengendalian pembangunan daerah
sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
d)
Penyiapan
bahan penyusunan kebijakan daerah di bidang pelaksanaan pengendalian
pembangunan daerah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
e)
Penyiapan
bahan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas di bidang
pelaksanaan pengendalian pembangunan daerah dengan seluruh perangkat daerah dan
instansi terkait.
f)
Pelaksanaan
pembinaan teknis di bidang pelaksanaan pengendalian pembangunan daerah kepada
seluruh perangkat daerah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
g)
Pengkajian
permasalahan di bidang pengendalian pembangunan daerah dan penyampaian
saran-saran pemecahannya.
h)
Pelaksanaan
monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas sub bagian.
i)
Pelaksanaan
tugas-tugas lain yang di limpahkan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
3.
Sub.
Bagian Pelaporan
Sub
Bagian pelaporan di pimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas
pokok memimpin, mengatur, mengawasi dan mengkoordinasikan kegiatan dalam rangka
pembinaan di bidang monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pembangunan
daerah.
Dalam
melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Kepla Sub Bagian
Pelaporan mempunyai fungsi :
a)
Penyusunan
program kerja dan Rencana Kerja anggaran (RKA) Sub Bagian Monitoring, evaluasi
dan pelaporan.
b)
Penyiapan
pedoman dan petunjuk teknis di bidang monitoring, evaluasi dan pelaporan
pelaksanaan pembangunan daerah.
c)
Penyiapan
bahan pembinaan teknis di bidang monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan
pembangunan daerah.
d)
Pelaksanaan
pengumpulan, pengolahan dan analisa data di bidang monitoring, evaluasi dan
pelaporan.
e)
Penyiapan
bahan koordinasi, informasi dan sinkronisasi pelaksanaan tugas di bidang
monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pembangunan daerah dengan
seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan instansi terkait.
f) Pelaksanaan
pengelolaan dan pelayanan administrasi monitoring, evaluasi dan pelaporan
pelaksanaan pembangunan daerah.
g) Pengkajian
permasalahan di bidang pelaporan serta penyampaian saran-saran pemecahannya.
h)
Pelaksanaan
monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas sub bagian.
i)
Pelaksanaan tugas-tugas lain yang di limpahkan
oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
BAB IV
KEGIATAN-KEGIATAN
1.
KEGIATAN
YANG SUDAH SAYA KERJAKAN
Adapun kegiatan yang sudah saya
kerjakan selama PKL (Praktek Kerja Lapangan) antara lain :
a)
Mengagenda
surat, baik surat
yang masuk maupun surat
yang keluar
b)
Mengantar surat, baik di lingkungan kantor daerah maupun pada kantor
dinas yang berada diluar dan juga saya pernah mengantar surat ke seluruh kantor camat.
c)
Membuat
buku ekspedisi
d)
Menggandakan
surat
(memfotokopi)
e)
Membuat surat undangan rapat
f)
Membeli
peralatan kantor
g)
Mengambil laporan
bulanan pada masing-masing bagian dikantor daerah.
2.
KEGIATAN
YANG SEDANG SAYA KERJAKAN
Adapun kegiatan yang sedang saya
kerjakan di kantor daerah antara lain :
a)
Mengagenda
surat, baik surat
masuk maupun surat
keluar
b) Mengantar surat baik di lingkungan
kantor daerah maupun kantor-kantor dinas yang ada diluar.
c)
Menggandakan
surat
(memfotokopi)
3.
KEGIATAN
YANG BELUM SAYA KERJAKAN
Adapun
kegiatan yang belum saya kerjakan selama melaksanakan PKL (praktek kerja lapangan) antara lain :
a)
Menerima
telepon
b) Membuat Kas Kecil (petty cash)
c)
Menerima
tamu
d)
Menyusun
meja rapat
e)
Membuat
bon
f)
Mengisi
kwitansi
g)
Mengisi
faktur
h)
Mengisi
nota
i)
Membuat
pembukuan tunggal yaitu :
a.
Membuat
buku penerimaan kas dan pengeluaran kas
b.
Membuat
buku pembelian dan penjualan
c.
Membuat
buku memorial; dan
d.
Membuat
buku pembantu piutang dan pembantu utang.
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
Berdasarkan uraian pada bab-bab sebelumnya yang dimulai
dari Bab I sampai dengan Bab VI dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
A. Kesimpulan
1.
Sesuai
dengan tugas pokok dan fungsi Bagian Administrasi Pembangunan dalam
melaksanakan koordinasi dalam rangka penyusunan program dan penyusunan petunjuk
serta pembinaan, dan Administrasi Pembangunan melaksanakan koordinasi dalam
rangka kerja sama dan kemitraan, melaksanakan Pengendalian Analisis dan
Evaluasi proyek pembanguan.
2.
Dari tugas
pokok dan fungsi Bagian Administrasi Pembangunan di atas, masalah yang dihadapi
disini di antaranya adalah proses penyampaian laporan pemimpin lebih sering
terlambat dari waktu yang telah ditentukan dan terlambatnya proses penyelesaian
RASK/DASK.
3.
Sistem
kerja di Bagian Administrasi Pembangunan lumayan baik karena di dukung oleh adanya
suatu kerja sama yang baik diantara para staf/Karyawan dan di dukung pula oleh
ruangan kerja yang berukuran luas.
4.
Keadaan
lingkungan kerja / sarana dan prasarana di Bagian Administrasi Pembangunan yang
menghambat proses administrasi dan kelancaran tugas antara lain:
a)
Komputer
yang dioperasikan sebanyak 2 buah
b)
Kurangnya
alat-alat yang menunjang kegiatan kerja seperti kalkulator 1 buah,pulpen,tipe
x, tinta dan mesin tik hanya satu.
c)
Pembagian
kerja yang belum merata dan tidak sesuai dengan jumlah staf yang ada di Bagian
Administrasi Pembangunan.
B. Saran
Saran
1.
Diharapkan
kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah Khususnya Bagian Administrasi
Pembangunan Setda Kabupaten Lombok Tengah untuk meningkatkan hubungan kerjasama
antara staf secara intensif serta koordinasi yang baik untuk mencapai tujuan
bersama secara optimal.
2.
Meningkatkan
disiplin kerja untuk menunjang keberhasilan pembangunan di segala bidang baik fisik maupun non fisik
3.
Untuk MAN
1 Praya agar semakin meningkatkan mutu setiap siswa yang akan mengikuti workshop,
jangan biarkan dalam mengikuti workshop ada yang malas supaya nanti ketika PKL
(Praktek Kerja Lapangan) tidak bikin malu Workshop MAN 1 Praya.
4.
Dalam
menyeleksi siswa yang ingin mengikuti workshop harus dengan meyakinkan para
siswa bahwa workshop itu jangan dianggap remeh yang bisa masuk bisa tidak
dengan semaunya dan kalau bisa para siswa tersebut disuruh berjanji untuk
selalu mengikuti workshop sampai selesai.
5.
Di
harapkan juga kepada Pemerintah Daerah untuk membeli mesin foto copy karena
yang sering dikerjakan oleh karyawan yang ada di kantor Daerah kebanyakan
adalah pergi motocopy, untuk itu sebaiknya Bapak Bupati membelikan mesin foto
copy supaya para karyawan tidaka bolak balik keluar kantor untuk moto copy dan
supaya memudahkan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tepat pada waktunya.
BAB VI
PENUTUP
Demikian laporan hasil PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang
dapat saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama di kantor daerah Kabupaten
Lombok Tengah, semoga laporan ini bermanfaat bagi diri saya pribadi maupun
rekan pembaca.Amien……………
Assalamu'alaikum wr.wb. | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar